36 Siswa PSHT Sub Rayon MTSN 1 OKU Ikuti Ujian Kenaikan Sabuk Jambon

36 Siswa PSHT Sub Rayon MTSN 1 OKU Ikuti Ujian Kenaikan Sabuk Jambon

06 Oktober 2024

36 Siswa PSHT Sub Rayon MTSN 1 OKU Mengikuti Ujian Kenaikan Sabuk Jambon
36 Siswa PSHT Sub Rayon MTSN 1 OKU Mengikuti Ujian Kenaikan Sabuk Jambon
Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan
TerataiNews. id
Sebanyak 36 siswa putra dan putri dari Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Sub Rayon MTSN 1 OKU mengikuti ujian kenaikan sabuk (UKS) dari sabuk polos ke sabuk jambon.

Acara ini berlangsung di halaman MTSN 1 OKU, Desa Tanjung Agung, Kecamatan Baturaja Barat, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), pada Minggu, 6 Oktober 2024.

Kegiatan tes kenaikan sabuk dimulai pukul 08.00 WIB dengan kehadiran Ketua PSHT Ranting Baturaja Barat Syarianto, Ketua PSHT Ranting Ulu Ogan Husin Basrah, serta pengurus dan warga PSHT lainnya.

Seluruh siswa yang mengikuti ujian ini tampak bersemangat menyelesaikan tes yang menjadi syarat penting untuk melanjutkan ke tingkatan berikutnya dalam PSHT.
Ketua ranting baturaja barat"Syarianto menyampaikan apresiasinya kepada seluruh pengurus PSHT Rayon MTSN 1 OKU dan para pelatih yang telah mempersiapkan ujian ini dengan baik.

“Terima kasih kepada pengurus rayon dan pelatih. Untuk adik-adik yang mengikuti ujian, tetap semangat dan teruslah berlatih. Setelah sabuk jambon, masih ada tingkatan selanjutnya hingga kalian disahkan sebagai warga PSHT,” ujar Syarianto.

Ketua PSHT Sub Rayon MTSN 1 OKU, Rusdayeni, menjelaskan bahwa dalam ujian kenaikan sabuk ini, para siswa diuji berbagai materi yang telah mereka pelajari selama kurang lebih empat bulan.
“Pagi ini, seluruh siswa mengikuti ujian kenaikan sabuk dari polos ke jambon. Beberapa materi yang kita uji meliputi senam dasar, jurus, fisik (doweran), hingga ke-SH-an dan sambung. Semua materi ini penting sebagai dasar dalam perjalanan mereka di PSHT,” jelasnya.

Selain menguji hafalan senam dan jurus, para siswa juga diuji secara mental dan fisik melalui latihan sambung yang melibatkan teknik bertarung. Proses ini dilakukan untuk mengasah kemampuan teknik bertarung dan kekuatan fisik.
Salah satu siswa yang mengikuti ujian, saat istirahat, mengungkapkan rasa syukurnya. “Saya sangat bersyukur bisa bergabung dan berlatih di PSHT. Terima kasih kepada kakak-kakak pelatih yang dengan sabar melatih saya dan teman-teman selama ini,” katanya penuh semangat.

Acara ujian kenaikan sabuk jambon berakhir sekitar pukul 16.00 WIB. Seluruh siswa berhasil melewati tahapan ujian dan melakukan pengambilan sabuk sebagai tanda kelulusan.

Pewarta: Husin Basrah (Release: Humas PSHT OKU)